Nama : Stevia Cahya Hediana
NIM : 21/474510/SV/18947
Kelas : PEK 51
MBTI : ISFP-T

Mengapa sistem informasi penting dalam penyelenggaraan pembangunan? Anda bisa menjelaskan dengan memberikan ilustrasi satu contoh sistem informasi nyata yang digunakan oleh suatu institusi.

Jawab:

Sistem informasi penting dalam penyelenggaran pembangunan karena berguna untuk memberikan transparasi atau keterbukaaan terhadap masyarakat mengenai informasi pemerintahan. Selain itu adanya sistem informasi berguna untuk memastikan suatu pembangunan terlaksana dengan baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan,melalui sistem informasi kita dapat melakukan mentoring atau pengawasan. Sistem informasi juga memungkinkan kita untuk memahami suatu wilayah salah satunya dari segi geografis, berserta potensi-potensi yang ada dalam suatu wilayah, sehingga memudahkan perencana dalam memperoleh data dan informasi.

Contohnya adalah Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) Kota Surakarta yang digunakan untuk pengeolaan informasi pembangunan daerah, informasi keuangan derah, dan informasi Pemerintah Daerah lainnya yang saling terhubung untuk dimanfaatkan dalam penyelenggaraan pembangunan daerah. Setiap pegawai bagian informasi, salah satunya bagian keuangan wajib melaporkan seluruh kegiatan keuangan setiap harinya dan tersedia kolom untuk deskripsi dari kegiatan transaksi. Tujuan dari pelaporan tersebut adalah agar dapat dilakukan monitoring atau pengawasan terhadap ouput kegiatan.

Hasil Test MBTI : ISFP-T
Pikiran : 56% introvert
Energi : 58% realistik
Sifat : 58% emosional
Taktik : 51% improvisasi
Identitas : 63% waspada